Bertemu Presiden, Pemulung Jujur dari Yogyakarta Ini Cuma Minta Dua Hal kepada Jokowi

shares

RATUSAN orang di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, tiba-tiba hening saat Jubaidi (60) menyampaikan permintaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bahkan, permintaan Jubaidi membuat sebagian orang terkagum-kagum serta membuat Presiden Jokowi tersenyum.

Pemulung asal Jogjakarta ini hanya menyampaikan permintaan ingin berjabat tangan serta berfoto bersama Presiden Jokowi.


Hal itu disampaikan Jubaidi saat menghadiri acara buka puasa bersama Keluarga Besar Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Senin (4/6/2018).

"Saya minta ingin jabatan tangan dengan Pak Presiden," ucap Jubaidi.

Kemudian, ratusan tamu undangan yang hadir langsung riuh bertepuk tangan membanjiri ruangan. Jubaidi yang mengenakan kemeja batik hijau lengan panjang, langsung meminta satu hal lagi kepada Presiden. Dia meminta untuk berfoto dengan Presiden Jokowi.

"Serta kalau boleh foto bersama-sama Bapak Presiden," pintanya.

Permintaan Jubaidi itu ia sampaikan saat ditanya oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Rosan P Roeslani.

"Tanya sekarang di depan Bapak Presiden mau menyampaikan apa? Di depan Presiden langsung coba, terserah bapak mau bilang apa?" kata Rosan P Roeslani saat menanyakan permintaan Jubaidi kepada Presiden Jokowi.


Sebelumnya, Rosan memberikan sambutan pembuka dalam acara buka puasa tersebut. Di tengah sambutannya, Rosan memanggil Jubaidi untuk naik ke atas panggung.

Rosan mengungkapkan alasannya mengundang dan mengajak Jubaidi naik ke atas panggung. Rosan menyebut sosok Jubaidi merupakan perwujudan dari tema buka puasa kali ini, yakni Ketabahan, Kejujuran, dan Kesetiaan.

Jubaidi, lanjut Rosan, merupakan seorang pemulung asal Yogyakarta yang menemukan uang sebesar Rp 20 juta dalam tumpukan tempat sampah.


Alih-alih mengambil uang itu, Jubaidi justru mengantarkan uang itu ke Polsek terdekat. Uang tersebut milik seorang satpam yang baru saja meminjam uang di koperasi untuk menikahkan anaknya.

Tidak sampai di situ, sebelumnya Jubaidi juga menemukan sejumlah uang saat sedang memulung. Namun, uang tersebut justru diserahkan ke pihak kepolisian, bahkan ke pemiliknya langsung.

"Yang jauh lebih luar biasa, ini sudah lima kali beliau menemukan uang yang ketemu di tong sampah. Pertama Rp 4,5 juta dikembalikan, kedua Rp 5 juta lebih dikembalikan, kemudian Rp 10 juta dikembalikan, Rp 20 juta lebih dikembalikan," beber Rosan yang langsung disambut tepuk tangan ratusan tamu.

Rosan juga sempat menyampaikan kata-kata yang membuat dirinya tersentuh dari sosok Jubaidi.

"saya bilang ketabahan, kejujuran, dan kesetiaan Bapak Jubaidi lebih menjalankan itu, daripada kita para pengusaha," ucap Rosan.

Usai memberikan sambutan, Rosan mempersilakan Jubaidi turun dari atas panggung. Tak disangka, permintaan Jubaidi untuk berjabat tangan dan berfoto dengan Presiden Jokowi langsung tersampaikan.


Melalui ajudannya, Jokowi memanggil langsung Jubaidi untuk bersalaman dengannya. Bergegas, langkah kaki Jubaidi begitu cepat saat menghampiri Presiden Jokowi yang duduk di tengah ruangan.

Senyum Jokowi langsung menyambut saat keduanya bertemu dan bersalaman. Muka penuh kecerian dan senyuman terpancar dari wajah Jubaidi yang terlihat mulai mengerut.

Jokowi sempat berbincang sesaat dengan Jubaidi, saat para tamu serta awak media mendokumentasikan keduanya lewat foto. (Fransiskus Adhiyuda)


 tw
loading...