Anies Baswedan: Kurban jadi Kesempatan Warga Belum Sejahtera Makan Enak

shares

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Hari Raya Idul Adha merupakan momen pengingat tentang pesan-pesan Nabi Ibrahim. Sebagai kepala keluarga, Nabi Ibrahim menjadi teladan bagi keluarga dan umat Islam sepanjang zaman.

"Semoga peringatan Idul Adha ini menjadi pengingat kepada kita tentang pesan-pesan keluarga Ibrahim," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (22/8/2018).


"Ini adalah hikmah tentang kepala keluarga bernama Ibrahim yang bisa menjadi teladan bagi keluarganya dan bagi umat sepanjang zaman. Peristiwa yang sudah terjadi 5.000 tahun yang lalu sampai saat ini pun masih dikenang, masih dijadikan pelajaran," imbuhnya.

Read this: (Peringatan Ruhut Sitompul untuk Prabowo-Sandi soal Dukungan Demokrat 'Hati-hati, Waspadalah')

Anies juga mengatakan, Idul Adha merupakan momen penting bagi pendidikan keluarga. Terutama, bagi pendidikan anak.

"Sesuatu yang seringkali kita terlewati untuk membicarakan. Kita sering membicarakan tentang keimanan Ibrahim, bagaimana Nabi Ibrahim sebagai bapak tauhid tapi jangan lewatkan tentang pendidikan dalam keluarga yang menghasilkan anak-anak seperti Ismail," tuturnya.

Selain itu, momen Idul Adha, kata Anies, juga tentang ketaatan sosial. Bagaimana hewan kurban menjadi santapan bagi warga yang belum sejahtera untuk merasakan kenikmatan makan enak di hari Idul Adha.

"Tentang ketaatan sosial bagaimana kurban ini menjadi santapan bagi warga yang belum sejahtera untuk merasakan kenikmatan makan enak di hari lebaran Idul Adha. Ini suatu peringatan bagi kita bahwa yang kita cita-citakan harus siap dikurbankan dan diberikan kepada mereka yang berhak," kata Anies.

Anies juga berharap di bulan haji ini, warga Jakarta yang tengah menunaikan ibadah haji di tanah suci dapat menuntaskan ibadahnya. Ia juga berharap agar usai pulang dari tanah suci, para haji tersebut dapat memberikan manfaatnya kepada warga Jakarta dan sekitarnya.

"Insyaallah hajinya mabrur dan tidak kalah penting jadi pengalaman bahwa ibadah haji seperti tadi sudah disampaikan adalah salah satu muktamar global yang sudah diajarkan selama ribuan tahun. Bahwa betapa pertemuan antar umat manusia lintas benua terjadi secara berkala sebelum kita mendengar ada konferensi atau pertemuan internasional seperti di era globalisasi hari ini," tutur Anies.

Baca juga: (Hanura: Jangan Sampai Kader PKS Pingsan saat Tahu Ketua Tim Kampanye Jokowi)

"Ribuan tahun yang lalu telah terjadi muktamar reguler tahunan di Mekah ini adalah suatu pengalaman menjadi warga dunia," lanjutnya.

Anies dan istrinya Fery Farhati, serta ketiga anaknya Ismail Hakim, Kaisar Hakam, dan anak perempuannya Mutiara Annisa pagi ini melaksanakan salat Idul Adha 1439 H di Halaman Balai Kota DKI. Selain Anies dan keluarga, Sekda DKI Saifullah dan Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik serta jajaran Pemprov DKI juga ikut menunaikan salat di Balai Kota.

(mae/dkp)
loading...