Aksi Heroik Jokowi Kunjungi Kampung yang Lenyap Akibat Tsunami, Warga: Itu Tanda Mayat Pak

shares

Usai meninjau rumah sakit darurat di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Kota Palu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menuju kawasan Kelurahan Petobo, Kota Palu. Jokowi melihat langsung kondisi permukiman yang luluh lantak diguncang gempa bumi.

Jokowi tiba di kawasan permukiman Kelurahan Petobo, Kota Palu, Sulawesi Tengah, sekitar pukul 11.20 Wita, Rabu (3/10/2018). Jokowi langsung melihat kawasan permukiman yang rata dengan tanah.


Pandangan Jokowi menyapu luasnya permukiman yang luluh lantak itu. Pantauan detikcom, bangunan yang rata dengan tanah itu tertimbun oleh lumpur yang mulai mengeras.

Puing-puing bangunan berserakan. Batang-batang pohon kelapa yang tumbang dan atap seng rumah dijadikan pijakan agar tidak jeblos.

Di samping Jokowi berdiri, terdapat beberapa pancang kayu kecil diberi bendera putih. Seorang warga kemudian mengatakan ke Jokowi bahwa tiang itu petanda ada mayat di bawahnya.

"Pak Jokowi, itu tiang kayu kecil bendera putih tanda ada mayat warga, Pak," kata warga itu.

Usai meninjau Kelurahan Petobo itu, Jokowi langsung menuju kawasan Hotel Roa Roa yang hancur karena gempa M 7,4 di Donggala pada Jumat (28/9) sore lalu. Diperkirakan ada ratusan orang yang tertimbun lumpur yang muncul ke permukaan karena guncangan gempa (likuifaksi).

Detik
loading...