Bak Langit dan Bumi, Ini Dia Sosok Pria Muda Pengganti Ratna Sarumpaet Ternyata Kelas Dunia

shares

Loading...
Gamal Albinsaid masuk ke Timses Prabowo-Sandiaga dan menghuni posisi yang tadinya diduduki oleh Ratna Sarumpaet. Pernah dipuji pemimpin dunia, ini sosok dokter asal Malang pendiri asuransi sampah tersebut.

Gamal adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. Di usianya yang masih muda, dia membuat inovasi berupa asuransi 'sampah'. Berbeda dengan asuransi kesehatan kebanyakan yang mematok premi selangit, Gamal ingin memberi kemudahan bagi orang dengan status ekonomi bawah bisa mengakses.


"Saya terpikir untuk membuat 'asuransi sampah', itu asuransi mikro sosial di mana pesertanya hanya tinggal membayar dengan sampah saja. Sampah kan semua orang pasti punya dan itu tinggal dibayarkan setiap hari Sabtu," kata Gamal saat berbagi kisah inspiratif bersama detikcom, Sabtu (27/6/2015) silam.

Lihat ini juga:
Sebut Ratna Sarumpaet sebagai Cut Nyak Dien, Hanum Rais Dikecam Aktivis Perempuan Aceh
Batal Terbang ke Chile, Pemprov DKI Jakarta minta Ratna Sarumpaet Kembalikan Rp70 Juta
Viral Wajah Cantik Ratna Sarumpaet saat Muda Bikin Pangling, Inikah Alasan Operasi Plastik?

Peserta program ini memang mayoritas adalah orang kurang mampu yang bahkan tak memiliki pekerjaan tetap. Mereka kemudian menyetorkan sampah sebagai premi asuransi. Tak cuma itu, bahkan Gamal dan kawan-kawan sering pula menjemput sampah-sampah yang dikumpulkan di rumah peserta asuransi. Menurut dia seseorang yang sudah sakit berat dan rawat jalan di rumah bisa saja tak sanggup jalan ke klinik.

Berkat klinik bernama Indonesia Medika itu, Gamal pun diganjar sederet penghargaan internasional. Penghargaan itu antara lain adalah dari Pangeran Charles di Inggris, People Choice Award di California-AS, People Choice Award dari Australian Agency for International Development, dan masih banyak lagi.

Saat menerima penghargaan HRH The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneurship First Winner 2014, Gamal bertemu langsung dengan Pangeran Charles. Tak hanya itu, Gamal juga pernah berjumpa Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Pertemuan itu berlangsung saat Gamal menghadiri sekaligus menjadi pembicara dan memberikan inspirasi di hadapan 25.000 peserta dari 150 negara, pada 19th World Festival of Youth and Students di Sochi Rusia, 15 Oktober 2017 silam. Di depan Putin, Gamal menceritakan perjalanan studinya hingga akhirnya membuat klinik asuransi sampah. Lalu apa kata Putin?

"Anda menangani salah satu masalah paling penting dan paling mulia, dengan hasil yang jelas. Ini adalah misi khusus, bukan sekedar profesi. Inilah sebabnya saya sangat menghormati dokter.Terlepas dari aspek kemanusiaan, kesehatan telah memperoleh aspek ekonomi di dunia modern. Orang dengan masalah kesehatan merasa jauh lebih sulit menguasai pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengembangkan ekonomi modern, dan mereka merasa jauh lebih sulit untuk bekerja secara efisien," kata Putin, seperti dikutip Gamal, Selasa (24/10/2017).

Dari klinik asuransi sampah, Gamal Albinsaid mengembangkan sayapnya jadi motivator. Kini, kabar terbaru muncul saat Gamal masuk ke Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga setelah Ratna Sarumpaet dipecat.

Lihat ini juga: (Tak Terima Dilaporkan Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet, Fadli Zon akan Laporkan Balik Pelapornya)

"Masuknya dokter Gamal Albinsaid, saya harapkan membawa perubahan, membawa lokomotif pembaharuan milenial. Dia (Gamal) anak minelial, sudah mendapat penghargaan dari BBC dan bisa menjadi inspirasi buat anak-anak muda lain," papar Sandiaga usai salat Jumat di Masjid Al Muttaqien, Jl RS Paru Paru, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (5/10/2018).

"Bisa menggantikan peran Bu Ratna sebagai aktivis sosial," tambahnya.


loading...