Hoaks Lagi? Ini Dia Orang Pertama ASEAN Taklukan Puncak Gunung Everest, Ternyata Wanita Lho

shares

Loading...
Ternyata bukan Prabowo Subianto orang pertama yang menaklukkan Gunung Everest, tapi seorang wanita asal Yogyakarta bernama Clara Sumarwati.

Clara Sumirwati ini juga bahkan sudah memberikan klarifikasinya menegaskan bahwa memang dirinyalah wanita pertama Indonesia dan Asian Tenggara yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest tahun 1996.


Pada awalnya, kabar mengenai pendaki pertama puncak Everest viral di media sosial Twitter, terhitung sejak pernyataan Mardani Ali Sera di program TV, Mata Najwa, Rabu (10/10/2018).

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, ini menyebut bahwa penakluk pertama puncak Gunung Everest di Asia Tenggara adalah Prabowo dan tim kopasusnya.

Lihat ini juga:
UGM Cabut Izin Seminar Sudirman Said dan Ferry Mursyidan, Ternyata Ini Alasan Sebenarnya
Sindir Prabowo Males-malesan, Andi Arief: Beliau Kurang Serius Mau Jadi Presiden
Ulah Pendukung Prabowo Bikin Malu, Posting Gambar Khabib #2019GantiPresiden Ternyata Hasil Editan

"Prabowo sudah membuktikan kualitasnya, 26 April 1997, ketika tidak ada satu orang pun dari Asia Tenggara yang mampu menaklukan Everest, Prabowo dengan tim kopasusnya mampu menaklukan gunung tertinggi di dunia. Itu ciri kepemimpinan utama. Prabowo punya kemampuan membereskan masalah," ujar Mardani Ali Sera dalam orasi di Mata Najwa.

Pernyataan Mardani Ali Sera ini dipatahkan oleh banyaknya netizen di media sosial Twitter yang mengungkap kebenaran aslinya.

Dihimpun dari laman Twitter @PakarLogika menyebutkan bahwa pernyataan Mardani Ali Sera ini tidak tepat.

Pasalnya, yang menjadi orang pertama berwarga negara Indonesia sekaligus wanita pertama di Asia Tenggara yang mendaki dan mencapai puncak Gunung Everest adalah Clara Sumarwati.

Clara Sumarwati berhasil mencapai puncak Gunung Everest, yang merupakan gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut, pada 26 September 1996.

Yang artinya, satu tahun lebih awal jika dibandingkan dengan pernyataan Mardani Ali Sera.


"Clara Sumarwati tercatat sebagai wanita pertama berwarga negara Indonesia & sekaligus wanita pertama di ASEAN yang mencapai puncak tertinggi di dunia, Gunung Everest. Kopassus naik Mount Everest setelahnya pada tahun 1997. Mardani Ali Sera BOHONG!," tulis @pakarlogika.

Untuk menguatkan pernyataan yang ditulis @pakar logika, TribunnewsBogor.com pun mencarinya di situs Everesthistory.com.

Baca ini juga:
Kocak Bikin Ngakak, HBO Pajang Meme Jokowi Pakai Mantel 'Musim Dingin akan Datang'
Novel Bamukmin: Bu, Mau Masuk Surga? Pinta sama Prabowo dan Sandiaga Uno, Takbir

Dalam situs tersebut, terlihat jelas nama Clara Sumarwati sebagai orang pertama di Asia Tenggara yang berhasil mencapai puncak Everest pada tanggal 26 September 1996.

Ia berada di urutan ke 88 pada list tahun 1996.


Clara Sumarwati juga tercatat sebagai penakluk Everest ke-836 sejak tahun 1950-an.

Tak hanya itu, nama Clara Sumarwati ini pun tercatat dalam buku Everest karya Walt Unsworth (1999), Everest: Expedition to the Ultimate karya Reinhold Messner (1999).

Atas prestasinya ini jugalah, Clara Sumarwati mendapatkan penghargaan Bintang Nararya dari pemerintah era Soeharto.

Melihat banyaknya masyarakat yang penasaran dengan sosoknya, wanita diduga sebagai Clara Sumarwati ini pun akhirnya menunjukkan dirinya pada publik lewat sebuah video.

Video ini diunggah oleh Agus Suhendar, sekira beberapa jam lalu, Jumat (12/10/2018).

Dalam video tersebut, wanita yang ditulis sebagai wanita pertama di Asia Tenggara yang naik ke puncak Everest menegaskan bahwa dirinya adalah wanita yang mendaki gunung Everest pada tahun 1996 silam.

Lebih lanjut, ia juga mengajak cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno untuk berkunjung ke rumahnya di Yogyakarta.

Lintasan Terkini:
Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet Melebar, Muannas Al Aidid: Akan Ada Tersangka Baru
Buntut Panjang Minta Jokowi Copot Kapolri, Amien Rais dapat Ultimatum Segera Minta Maaf

"Selamat pagi, salam sejahtera untuk bapak Prabowo dan Bang Sandiaga Uno.

Hari ini bang Sandiaga ke Jogja, mampir mas ke tempat saya. Main bersama- teman-teman dan bercengkrama di halaman rumah saya

Saya wanita pertama ASEAN yang memecahkan rekor sebagai wanita pertama yang mencapai puncak Everest tahun 1996, terima kasih. 2019 Presiden," tutur Clara Sumirwati.



 TribunNews
Loading...