Prabowo Sebut 99% Masyarakat Indonesia Hidup Pas-pasan, Ternyata Data Yang Dipakai Dari Sini

shares

Loading...
Calon Presiden Prabowo Subianto menyebut hanya ada 1% masyarakat Indonesia yang memiliki kekayaan, sementara 99% sisanya hidup secara pas-pasan. Dia mengaku bahwa data itu sudah diangkat oleh Bank Dunia dan lembaga internasional lainnya.

Berdasarkan penelusuran detikFinance, yang mengeluarkan data mirip seperti yang disebutkan Prabowo adalah Oxfam, sebuah organisasi global yang fokus dalam pergerakan memperjuangkan kemiskinan. Namun, laporan yang dikeluarkan Oxfam pada Januari 2017 itu merupakan data secara global atau seluruh dunia.


Laporan itu juga mengutip pidato mantan Presiden AS Barack Obama yang mengatakan bahwa hanya 1% penduduk dunia yang mengontrol kekayaan, sementara 99% masyarakat dunia keuangannya tidak pernah stabil.

Oxfam memperkuat dengan menyebutkan bahwa sejak 2015 1% penduduk dunia memiliki kekayaan jauh lebih besar dibanding sisa penduduk dunia lainnya. Lalu sekitar 8 orang kaya raya dunia saat ini memiliki kekayaan setara dengan separuh rakyat miskin yang ada dunia jika digabungkan.

Oxfam juga menyebut bahwa pendapatan dari 10% orang termiskin di dunia hanya naik US$ 3 per tahun sejak 1988 hingga 2011. Sementara pendapatan orang terkaya yang hanya 1% dari total penduduk dunia meningkat 182 kali lipat dari itu.

Intinya dalam laporan itu menyebutkan bahwa 1% orang kaya itu secara global. Laporan itu juga menjelaskan mengenai penyebab mengapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana cara untuk meningkatkan kesetaraan.


Loading...