Presiden PKS Terbitkan Surat Edaran Dukungan hanya Sandiaga, Prabowo Tidak? Begini Jawaban HNW

shares

Loading...
Presiden PKS Sohibul Iman menerbitkan surat edaran untuk seluruh DPR RI Fraksi PKS. Dalam surat tersebut Sohibul meminta agar anggota legislator PKS mengoptimalkan kampanye cawapres Sandiaga Uno.

Surat edaran bernomor 05/D/EDR/DPP-PKS/2018 tentang optimalisasi anggota legislatif DPR untuk kampanye cawapres Sandiaga Shalahuddin Uno diperoleh wartawan pada Senin (22/10/2018). Surat tersebut diteken Sohibul pada 17 September 2018.


"Seluruh anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera kami minta untuk memberdayakan sumber daya yang dimilikinya untuk menginisiasi dan mengoptimalkan kampanye calon wakil presiden Sandiaga Shalahuddin Uno di daerah pemilihannya masing-masing," demikian poin inti surat edaran tersebut.

Lalu bagaimana dengan capres Prabowo Subianto? Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid atau HNW menjawab.

HNW membenarkan adanya surat edaran tersebut. Namun, dia menegaskan, dengan adanya surat tersebut bukan berarti PKS tidak mendukung Prabowo.

"Memang ada surat edaran itu. Bukan berarti belum dilakukan kampanye pileg dan pilpres. Itu hanya menegaskan, menguatkan, jadi kebijakan dasarnya kita, PKS, mendukung Prabowo-Sandi sebagai capres-cawapres. Itu sudah kebijakan yang diambil dan kami serius," ujar HNW di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/10).


HNW mencontohkan keseriusan PKS dalam mendukung Prabowo-Sandiaga yakni saat memfasilitasi deklarasi dukungan buruh migran untuk pasangan itu. Eks Ketua MPR itu memastikan PKS juga akan mengoptimalkan kampanye Prabowo.

"Dalam sisi ini, maka PKS komitmen dan melaksanakan komitmennya untuk memenangkan Prabowo-Sandi melalui partai, melalui struktur, termasuk juga melalui caleg dari PKS. Jadi itu penguatan saja," jelasnya.

Sementara itu, Waketum Gerindra Fadli Zon menyebut dukungan PKS tidak bisa setengah-setengah. Menurutnya, surat edaran tu hanya semacam teknis kampanye, tanpa mengesampingkan dukungan bagi Prabowo juga.

"Sudah pasti mendukung Pak Prabowo dan Pak Sandi. Satu paket itu, nggak bisa setengah paket," ucap Fadli di DPR, Senayan, Jakarta, Senin (22/10).

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Median, Rico Marbun, juga menanggapi perihal surat edaran optimalisasi kampanye Sandiaga. Rico menganggap surat edaran tersebut bagian dari upaya PKS menyelamatkan diri di Pileg 2019.

"Gejala ini sebenarnya bisa menghinggapi semua partai pendukung Jokowi atau Prabowo, kecuali PDIP dan Gerindra. Hanya PKS-lah sepertinya yang berani memulai duluan, sementara partai lain terancam gigit jari karena jika berlangsung terus, ini 2019 menuju dwitunggal partai, PDIP dan Gerindra akan menang besar," jelas dia.

"Langkah PKS dengan surat ini bisa dibaca ada semangat baru: lupakan pilpres, lebih baik urus pileg saja," terka Rico.

Detik
Loading...