Sandiaga Uno Tantang Presiden Jokowi Berlomba untuk Lihat Ukuran Tempe di Seluruh Wilayah Indonesia

shares

Loading...
Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengajak calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo untuk lomba mencari bentuk tempe di seluruh pasar di Indonesia.

Hal itu disampaikan Sandiaga setelah pada Selasa (30/10/2018), Jokowi blusukan ke Pasar Suryakencana, Bogor, Jawa Barat, dan memborong tempe.


Jokowi mengatakan, tempe yang dibelinya berukuran tebal. Pernyataan ini seolah membantah ungkapan Sandiaga yang menyebutkan tempe setipis kartu ATM.

Menurut Sandiaga, tempe bisa dijadikan salah satu bahasan pada Pemiihan Presiden 2019 karena merupakan makanan favorit di Indonesia.

"Sekarang kita lakukan pencarian tempe seperti apa ke depan. Ini menarik, karena kita mengerucutkan pemilu ini ke satu diskursus ke makanan yang paling favorit di Indonesia," kata Sandi, saat ditemui di Gedung Serbaguna Rumah Jabatan Anggota DPR RI, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (31/10/2018).

Sandiaga menyebutkan, tantangan pencarian ukuran tempe itu juga untuk melihat reaksi masyarakat.

"Coba kita lihat bagaimana reaksi di seluruh wilayah di Indonesia, baik dari kunjungan Jokowi dan saya. Nanti kita berlomba-lomba melihat ukuran tempe," kata Sandiaga. Dari tantangan ini, menurut dia, untuk mengetahui fakta di pasar soal ukuran tempe.

Dari blusukannya di Bogor, Jokowi memastikan harga kebutuhan pokok terkendali dan memborong tempe. "Tadi ngelihat sendiri ya, tebal (ukuran tempenya)," ujar Jokowi, Selasa. Sebaliknya, Sandi mengaku menemukan tempe dari beragam ukuran dan ketebalan saat blusukan. Ada tempe seperti bentuk gawai jaman dulu (jadul), tablet, setipis kartu ATM, dan sebagainya.

Kompas
Loading...