Siasat Licik Taufik Kurniawan Lancarkan Praktik Suap yang Berhasil Dibongkar KPK

shares

Loading...
KPK menyebut duit suap yang diduga diterima Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN Taufik Kurniawan dilakukan secara bertahap. Penyerahan uang disebut KPK terjadi di beberapa hotel.

"Pertemuan dan penyerahan uang dilakukan bertahap di sejumlah hotel di Semarang dan Yogyakarta," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (30/10/2018).


Namun Basaria tidak merinci apakah Taufik sendiri yang menerima duit itu atau dengan perantara. Yang jelas, menurut Basaria, ada siasat tertentu agar penyerahan duit tidak terbongkar.

"Teridentifikasi penggunaan kamar hotel dengan connecting door," ucap Basaria.

Taufik ditetapkan KPK sebagai tersangka dengan dugaan menerima setidaknya Rp 3,65 miliar dari Muhamad Yahya Fuad selaku Bupati Kebumen periode 2016-2021. Pemberian suap itu berkaitan dengan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) yang direncanakan sebesar Rp 100 miliar.

KPK juga mengungkap adanya penggunaan sandi atau kode berkaitan dengan suap untuk Taufik. Sandi yang digunakan itu adalah 'satu ton' yang mengacu pada nilai uang Rp 1 miliar.

Taufik sendiri sudah angkat bicara soal status tersangkanya. Dia mengaku menghormati KPK dan bakal kooperatif.

"Atas keputusan KPK tersebut, saya sangat menghormatinya dan akan mengikuti proses hukum tersebut secara baik dan tertib karena saat ini sedang dalam proses penyidikan di KPK," kata Taufik.

Detik
Loading...