Temui Langsung Menlu Arab Saudi, Presiden Jokowi Singgung Kasus Khashoggi yang Tewas Misterius

shares

Loading...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir. Selain membahas kerja sama di bidang ekonomi, Jokowi menyampaikan keprihatinannya atas kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

Pertemuan Jokowi dengan Adel digelar di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, pada Senin 22 Oktober 2018. Isi pertemuan Jokowi dengan Adel disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.


Menurut Retno, Jokowi menyampaikan tiga poin penting salah satunya soal penguatan kerja sama di bidang ekonomi. "Kedua adalah penguatan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, terutama atau termasuk di antara negara-negara muslim. Karena sebenarnya kita bicara mengenai masalah potensi, maka potensi negara-negara muslim ini besar sekali dan potensi ini belum digunakan secara optimal," kata Retno.

Selain itu, kata Retno, Jokowi menyampaikan keprihatinannya atas kasus kematian jurnalis Jamal Khashoggi di Konjen Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Jokowi mengharapkan investigasi yang transparan. "Dalam kesempatan terpisah, Presiden juga menyampaikan mengenai kasus yang menimpa Khashoggi. Presiden menyampaikan keprihatinan atas kasus tersebut dan Indonesia mengharapkan investigasi yang sedang dilakukan dapat dilakukan dengan transparan dan seksama," terang Retno.

Menurut Retno, Menlu Arab Saudi juga sudah memberikan penjelasan soal kasus tersebut ke Jokowi. Namun, Retno tak bisa menjelaskan lebih lanjut soal pembahasan kasus pembunuhan Khashoggi antara Jokowi dengan Menlu Arab Saudi.

"Saya tidak bicara detil, hanya sampai di sini karena besok saya akan melakukan pertemuan bilateral dengan beliau. Kalau saya bicara sekarang besok tidak ada yang dibahas," ujarnya.

Jamal Khashoggi diketahui tewas saat berada di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Otoritas Saudi secara resmi menyebut Khashoggi tewas dalam perkelahian di dalam Konsulat Saudi di Istanbul. Namun otoritas Saudi menyatakan tidak mengetahui keberadaan jenazah Khashoggi saat ini.

Detik
Loading...