Cetak Sejarah Baru! Susi Pudjiastuti Pecahkan Rekor MURI Bersama Santri di Ponpes Nurul Jadid

shares

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengadakan acara bersama santri Pondok Pesantren Nurul Jadid, yang juga dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Jumat (3/11/2018).

Acara yang dihadiri oleh 12.110 santri ini berhasil tercatat di Musem Rekor Dunia-Indonesia (MURI) dengan kategori makan ikan oleh santri terbanyak.


Berdasarkan rilis yang diterima TribunWow.com, acara yang diadakan di Probolinggo ini dilaksanakan dalam rangka mendorong Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Selain dihadiri Susi Pudjiastuti, Gemarikan ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko.

Tidak hanya para santri, Susi Pudjiastuti juga ikut makan bersama.

“Saya pikir ini kegiatan yang cukup baik, karena sudah dua tahun ini kita keliling. Jadi setiap pesantren kita kirim ikan, dan kita kampenyakan gemar makan ikan," ujar Susi Pudjiastuti.

"KKP juga menjalankan program untuk membantu meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Ya pasti satu dua kali tidak akan cukup. Maka dari itu, kita akan terus keliling. Besok akan ada lagi, sampai hari minggu, kita laksanakan 3 hari roadshow, makan ikan bersama para santri,” terangnya.

Dengan diadakannya acara tersebut, Susi berharap bangsa Indonesia semakin gemar makan ikan.

Menurutnya, ikan mengandung banyak Omega 3 yang sangat penting bagi kecerdasan manusia.

Ia juga ingin merubah cara pandang masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur yang tercatat rendah dalam mengkonsumsi ikan.

“Jawa Timur dan Jawa Tengah tingkat makan ikan rata-rata per kapita per tahun sangat rendah karena kebanyakan orang Jawa tidak suka ikan, amis katanya. Dan kita mau merubah itu,” tutur Susi.

"Tugas kita dalam hal ini adalah mengkampanyekan gemar makan ikan, karena pemerintah Indonesia ingin membangun manusia-manusia yang sehat. Nah, manusia itu bisa sehat jika asupan proteinnya cukup. Hanya saja persoalannya di Jawa Timur dan Jawa Tengah itu tingkat konsumsi ikannya paling rendah di Indonesia,” tambahnya.

Selain makan ikan bersama, KKP juga menyerahkan bantuan 4,5 ton ikan bagi Ponpes Nurul Jadid.

Diketahui, sebelum KKP memecahkan rekor dengan kategori makan ikan oleh santri terbanyak, tercatat rekor makan ikan juga pernah dilakukan di Ponpes Tebuireng.

Kala itu, rekor dipecahkan dengan peserta sejumlah 8.800 santri.

TribunNes
loading...