Tanah di Kampung Lodan Ambles, Anies Baswedan Mengaku Tak Tahu Apa Penyebabnya

shares

Loading...
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menginspeksi tanah ambles di Kampung Lodan, Pademangan, Jakarta Utara. Anies menuturkan ingin melihat langsung insiden itu.

"Saya mau ke sana jadi ingin inspeksi langsung melihat dari dekat apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana kita bisa memastikan kejadian seperti ini tidak terulang," kata Anies di kawasan Jakarta Timur, Selasa, 20 November 2018.

Pukul 11.57 WIB Anies langsung berangkat menuju Kampung Lodan. Dia masih mengenakan baju koko putih dan peci hitam usai memberikan ceramah di acara Islamic Boarding School Fair di Aljazeerah Polonia Restaurant, Cimpedak, Jakarta Timur, Selasa pagi.

Tanah ambles terjadi pada Ahad, 18 November 2018. Anies belum mengetahui penyebab kejadian itu. Kemarin di Balai Kota, dia menyatakan baru akan melakukan evaluasi atas pengerukan sungai-sungai dan saluran drainase di Jakarta segera setelah berkunjung ke lokasi longsor tersebut.


Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara, Santo, mengakui longsor di Kali Ancol karena aktivitas pengerukan yang tidak pada tempatnya atau terlalu melampaui tepian kali. Pengerukan, yang diduga menyebabkan longsor sehingga warga terpaksa mengungsi tersebut, dilakukan untuk mengantisipasi banjir pada musim hujan ini.

Tempo
Loading...