Hotman Paris Diperiksa Italia Gegara Banyak Uang, Ini Kata KBRI

shares

Loading...
Pengacara Hotman Paris dan istrinya sempat diperiksa di Italia lantaran membawa uang terlalu banyak. KBRI di Roma, Italia menjelaskan soal syarat wisatawan ke negara itu.

"Untuk kasus seperti ini mereka ada otoritas sendiri namanya Guarda di Finanza, khusus menangani masalah-masalah keuangan. Kalau di bandara juga dengan Petugas Keamanan Perbatasan. Otoritas yang memeriksa juga bukan polisi itu," ujar Pensosbud KBRI Roma, Aisyah Allamanda kepada wartawan, Senin (3/12/2018).

Aisyah mengatakan setiap orang yang berkunjung ke negara lain harus mengikuti hukum setempat yang berlaku. Aisyah sedikit menganalisi mengapa Hotman dan istri sampai harus mendapat pemeriksaan karena membawa uang terlalu banyak.

"Sebagaimana yang dimaklumi, seluruh orang yang berkunjung ke suatu negara lain wajib menaati hukum setempat yang berlaku. Di Uni Eropa, ada peraturan untuk memberitahukan apabila seseorang masuk dan keluar dengan uang tunai dalam jumlah besar," sebut Aisyah.


"Sama kayak di Indonesia, kan kita juga harus bilang tuh kalau baru masuk atau mau keluar. Mereka mungkin tidak declare, lalu ketahuan, jadi didenda. Mungkin yaa... saya kurang tahu persis juga duduk perkaranya bagaimana," ucap dia. Aisyah menegaskan dirinya belum mengetahui persis duduk perkara pemeriksaan Hotman dan istri.

Sebelumnya diberitakan, saat berada di Milan, Italia, istri Hotman kedapatan membawa uang sebanyak 20 ribu Euro di dalam tas. Karena membawa uang dengan jumlah banyak tersebut, ia dan istri sempat diperiksa lama.

"Istri saya kan lagi batuk-batuk, dia taruh duit di sembarang tempat. Kan di sana peraturannya, tidak boleh bawa duit keluar. Boleh bawa duit tapi arus dilaporkan," katanya dikutip dari Insert, Senin (3/12/2018).

Petugas setempat juga sempat bertanya berapa jumlah uang yang dibawa oleh Hotman. Di situ, Hotman mengaku hanya membawa kurang dari 5.000 euro. Sementara itu, istri Hotman kedapatan membawa hampir 20 ribu euro di dalam tasnya.

"Waktu ditanya 'berapa duit lu?'. Gue bilang kurang dari 5.000 Euro. Padahal di kaus kaki gue, di mana-mana ada 30 ribu, ada. Nggak ketahuan kalau gue," kata Hotman.


"Istri saya ketahuan. 'Berapa duit lu?', katanya. Langsung dikasih tasnya, ya ketahuanlah hampir 20.000 Euro. langsung polisinya datang semua, langsung di BAP langsung, dikiranya teroris, 'dari mana lu bawa duit segini?', katanya," terang Hotman.

Detik
Loading...